Senin, September 07, 2009

Ghana, Tim Afrika Pertama Ke Piala Dunia 2010

Berita Dunia--Gol dari gelandang Michael Essien dan Sulley Muntari telah menjadikan Ghana sebagai tim pertama dari benua Afrika yang melaju putaran final Piala Dunia 2010. Hasil pertandingan di Accra Minggu (6/9) malam itu telah menempatkan tim berjuluk 'Black Stars' sebagai pemuncak klasemen Grup D dengan 12 angka. 'Penghoatmatan bagi para pemain,' jelas pelatih Ghana Milovan Rajevac.

Langkah Ghana untuk berlaga di Afrika Selatan 2010 memang tidak terhankan karena tambahan tiga angka atas Sudan itu membuat Ghana menuai 12 angka dari 4 pertandingan.

Ghana juga diuntungkan dengal imbang 1-1 antara Mali melawan Benin yang menduduki peringkat dua dan tiga grup D dengan nilai 5 dan 4.

"Kemenangan yang sangat penting bagi kami terutama para pemain profesional yang kembali membela Ghana,' jelas Essien yang kini menjadi andalan Chelsea di Liga Premier Inggris.

Menurut sang gelandang, kerjasama menjadi satu hal yang penting.

"Para pemain juga merasa tidak tertekan karena kami bermain didepan para pendukung kami sendiri.'

Soal keberhasilan Ghana menjadi negara Afrika pertama yang melaju ke Afrika Selatan, Essien menyatakan rasa senang.

'Sebuah perasaan yang sangat fantastis bisa menjadi negara Afrika pertama yang mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2010,' jelasya.

Sementara Milovan Rajevac pelatih Ghana kelahiran Serbia memuji sukses ini sebagai sebuah kehormatan yang tak ternilai.

'Bagi pemain ini penghargaan yang tidak ternilai karena bisa mengantar negaranya ke Piala Dunia,' jelas Rajevic.

4 tahun silam, Ghana juga mampu berlaga di Piala Dunia 2006 sebelum mereka kalah 0-3 dibabak 16 besar dari Brasil.

Sukses ini membuat Ghana bergabung dengan Australia, Brasil, Jepang, Belanda, Korea Utara, Korea Selatan, dan tuan rumah Afrika Selatan yang menjadi bagian dari 32 negara yang akan berlaga di putaran final Piala Dunia 2010.

Langkah Ghana diperkirakan akan diikuti oleh Aljasair (grup C), Pantai Gading (grup E) dan Tunisia (grup B) dimana tim-tim ini untuk sementara waktu menjadi pemuncak klasemen.

Sementara di grup A persaingan masih sangat seru karena semua tim masih berpeluang untuk mendapatkan satu tiket otomatis.

Dimana Gabon menjadi pemuncak klasemen dengan nilai 6 diikuti oleh Togo (5) dan Kamerun (4) serta Maroko dengan 3 angka.

Kamerun memiliki peluang untuk mengambil alih klasemen jika pada pertandingan Rabu (9/9) mendatang di Yaounde mampu menaklukan Gabon.(www.jaknews.com)

Tidak ada komentar: