Senin, September 07, 2009

Cara China Mengendalikan Pasar Saham

Berita Dunia — Apakah urusan uang dapat dihubungkan dengan nasionalisme? Pemerintah China tengah berusaha menghubungkan keduanya.

Pengawas Pasar Modal China telah meminta para investor menunjukkan patriotismenya untuk membantu menstabilkan pasar saham. Disarankan, para investor tidak membiarkan harga saham jeblok di tengah gejolak pada ulang tahun ke-60 berkuasanya Partai Komunis di China, 1 Oktober mendatang.

Perusahaan sekuritas dan manajer investasi telah diperingatkan bahwa ”tugas utama” mereka adalah melindungi stabilitas sosial dengan membantu pasar agar tetap stabil. Demikian memo yang diedarkan Badan Pengawas Pasar Modal China cabang Shanghai.

”Pasar modal yang stabil dan aman terkait dengan kepentingan investor, stabilitas ekonomi dan pasar finansial, serta seluruh harmoni sosial dan stabilitas,” demikian tertulis dalam memo tersebut. Memo itu dikeluarkan setelah indeks utama turun 6,74 persen pada hari Senin (31/8), penurunan terbesar dalam 14 bulan terakhir.

Apakah imbauan itu akan dituruti para investor, mungkin akan terlihat dari pergerakan indeks saham beberapa hari ke depan.(www.kompas.com)

Tidak ada komentar: