Minggu, September 06, 2009

Pakar: Pesantren Bukanlah Sarang Teroris

minggu,6 september 2009

Berita Dunia-.(Gorontalo) Salah seorang pakar Islam di Provinsi Gorontalo, Abdul Ghofir Nawawi mengatakan bahwa pesantren bukanlah sarang teroris.

Hal itu disamapaikannya saat ramah tamah dengan ANTARA di kediamannya yang berada di Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato.

Menurut dia, orang belajar di pesantren atau santri adalah mereka yang benar-benar datang belajar tentang keagamaan, khususnya agama Islam dibawa oleh Nabi Muhamad SAW.

Dia mengatakan, ajaran yang dibawa oleh nabi tersebut adalah tentang kemuliaan Islam yang di sebarkan denga kelembutan, serta sopan santun.

"Para santri itu diajarkan untuk selalu luwes dan tahu menghargai sesama mahkluk," Kata Abdul, Sabtu.

Dia menambahkan, tidak ada pesantren di Indonesia ini yang mengajarkan tentang kekerasan, dan kalaupun ada berarti itu bukanlah pesantren yang sebenarnya.

Dia mengatakan, pesantren yang mengajarkan kekerasan hanyalah wadah yabng di buat oleh orang-orang yang tidak tahu-menahu tentang Islam yang sebenarnya, dan itu harus segera dibasmi karena bisa merusak citra.

"Kok bisa lembaga agama yang luhur mengajarkan yang jelek-jelek, kan aneh," Kata Abdul.

Menurut dia, para terdakwa teroris yang beberapa waktu lalu di klaim sebagai alumni pesantren hanyalah santri `nyeleneh`, yang buta akan ajaran islam yang sebenarnya.(www.antaranews.com)

Tidak ada komentar: