Minggu, September 06, 2009

Menkeu G20 Sepakat Jaga Stimulus Ekonomi

By Antique, Harriska Farida Adiati
Minggu,6 September 2009

Berita Dunia - Para menteri keuangan negara-negara anggota Group of 20 (G20) sepakat mempertahankan program stimulus ekonomi, seperti pengeluaran ekstra pemerintah dan suku bunga rendah untuk meningkatkan ekonomi global.

Dalam pertemuan G20 di London, Inggris, Sabtu 5 September 2009 tersebut mereka juga setuju mengambil tindakan terkait bonus untuk perbankan.

"Sistem finansial menunjukkan tanda perbaikan," kata Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Timothy Geithner, seperti dikutip dari laman stasiun televisi Al Jazeera.

"Pertumbuhan sedang berlangsung. Namun, kita masih menghadapi tantangan-tantangan di depan kita," lanjut Geithner.

Pernyataan gabungan yang diumumkan di akhir pertemuan menteri-menteri keuangan G20 tersebut menyebutkan bahwa kebijakan moneter dan fiskal akan tetap disediakan seluas-luasnya sepanjang diperlukan untuk mengurangi peluang resesi dengan dua kali lipat tingkat keparahan.

Mengenai pemberian kompensasi bagi bank, pernyataan resmi G20 menyerukan agar diwujudkan struktur pembayaran dengan standar global untuk memastikan praktik kompensasi sejajar dengan penciptaan nilai jangka panjang dan stabilitas finansial.

Namun, dalam pertemuan tersebut tidak disepakati batas spesifik mengenai jumlah kompensasi bagi bankir individu. Financial Stability Board akan mempelajari isu tersebut dan akan melaporkan hasilnya pada pertemuan G20 berikutnya di Pittsburgh, Pennsylvania, pada bulan ini juga.(www.newsyahoo.com)

Tidak ada komentar: