Sabtu, September 12, 2009

Agar Tabungan Tak Terkuras Usai Lebaran

Periksa kondisi tabungan, sebelum rekening terkuras dan meninggalkan utang usai lebaran.

Berita Dunia - Untuk keperluan lebaran, biasanya Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan biasanya. Tapi, sebelum berbelanja untuk lebaran, apakah Anda sudah memeriksa kondisi dompet dan rekening bank Anda? Tak ada salahnya Anda mulai melakukannya, sebelum rekening Anda terkuras dan meninggalkan utang usai lebaran.

Kelola isi dompet Anda

Mulailah mencermati pola keluar-masuknya uang dan jumlah yang masuk ke dompet Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan, seperti:

- Hitunglah sisa uang yang Anda miliki sekarang. Jika Anda merasa dompet Anda mulai 'tipis', buatlah review pengeluaran Anda.
- Mulailah mengontrol pengeluaran. Salah satu caranya adalah menyimpan struk-struk pengeluaran dan menghitungnya setiap minggu.

Atur pengeluaran

Tabungan menipis mulai membuat Anda merasa tidak nyaman (dan aman) di pengujung bulan. Cobalah lakukan beberapa langkah berikut ini:

- Awasi pengeluaran Anda dengan cermat. Biasakan membawa daftar belanjaan setiap kali Anda berbelanja.
- Susunlah anggaran mingguan. Pisahkan uang yang harus Anda keluarkan bulan ini (misalnya, untuk membayar cicilan rumah atau mobil).

Hindari utang
Fasilitas kartu kredit awalnya bisa memudahkan, tetapi akhirnya bisa juga menyusahkan. Karena itu, Anda perlu bijaksana dalam menggunakannya.
- Tinggalkan kebiasaan mengutang.
- Potonglah pengeluaran yang tak perlu, misalnya baju lebaran.
- Bawa satu kartu kredit saja ketika mudik. Gunakan jika perlu pengeluaran mendadak.(www.vivanews.com)

Tidak ada komentar: