Selasa, Oktober 06, 2009

Menyimpan Stok Makanan


GB

Berita Dunia,Jakarta - Saat kegiatan di dapur belum pulih,ada baiknya di minggu-minggu ini Anda mulai menyimpan makanan matang atau setengah matang di kulkas. Cara praktis ini dapat menghemat biaya dan waktu. Apa saja yang dapat disimpan sebagai stok? Bagaimana menyimpannya?

Masakan: Selain sayuran dan buah segar, aneka masakan siap santap juga bisa disimpan dalam kulkas. Masakan seperti rendang, semur ayam, bakso, gulai bisa ditaruh dalam kantong plastik tebal atau wadah bertutup. Taruh di dalam freezer agar tahan lebih dari seminggu dan tidak berubah cita rasanya.
Jika akan disajikan, taruh di dalam kulkas hingga lumer lalu hangatkan kembali. Sebaiknya tambahkan sayuran segar saat dipanaskan agar kandungan vitaminnya tidak hilang.

Kuah : Kuah bakso, sup, dan masakan berkuah banyak lainnya bisa dibuat sekaligus banyak dan disimpan dalam freezer. Bagilah kuah dalam beberapa kantong siap saji, misalnya untuk 4 porsi sehingga saat melumerkan kembali tidak perlu seluruh kaldu dalam kantong dilumerkan dan waktunya menjadi lebih singkat.

Minus Sayuran: Sebaiknya jangan membekukan sayuran bersama dengan kuah dan bahan lainnya. Sayuran mudah rusak teksturnya saat dibekukan. Sayuran mudah lunak dan bisa ditambahkan saat memanaskan kembali makanan. Jika dipanaskan berkali-kali sayuran justru kehilangan vitaminnya.

Wadah : Sebelum membekukkan makanan, pilihlah wadah yang tepat. Misalnya, kantong plastik tebal, khusus untuk makanan dan aman jika dibekukan. Jika ada, lebih bagus lagi memakai wadah plastik kedap udara yang khusus dirancang untuk makanan beku sehingga makanan tidak rusak. Wadah yang baik akan menjaga kualitas makanan tetap sama, saat dibekukan dan saat dipanaskan kembali.

Jumlah dan Jenis: Sesuaikan jumlah porsi makanan yang dibekukan dengan jumlah anggota keluarga yang menyantap. Dengan cara ini tak ada makanan bersisa atau berlebihan. Usahakan untuk tidak membekukan kembali makanan yang sudah dilumerkan. Jenis makanan yang dibekukan bisa makanan kering seperti ayam goreng (simpan setelah dibumbui dan matang), dendeng, tahu goreng, dan makanan berkuah (pisahkan kuah dan isinya). Jangan lupa tulis tanggalnya dan nama makanan hingga mudah dikenali.

(Detikfood)

Tidak ada komentar: