Selasa, Oktober 06, 2009

Jerman Sumbang Tiga Juta Dolar AS untuk Korban Gempa Sumbar

Berita Dunia,Jakarta - Kanselir Jerman, Angela Merkel, dalam pembicaraan melalui telepon dengan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada Kamis (1/10) menyatakan bahwa pemerintah dan rakyat Jerman ikut berduka atas gempa yang terjadi di Sumatera Barat (Sumbar), dan memberikan bantuan senilai tiga juta dolar Amerika Serikat (AS).

Pemerintah Jerman juga akan mengirimkan sebanyak 40 tenaga ahli penanganan bencana guna ditugaskan ke wilayah Sumbar yang terlanda gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) pada Rabu (30/9), demikian keterangan pers Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, Jumat.

Bantuan senilai 1,5 juta dolar AS dari total dana dari Jerman itu diambil dari dana Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Jerman, Dr Frank-Walter Steinmeier, juga telah menelepon Menlu RI, Hassan Wirayudha, guna menyampaikan rasa ikut berduka citanya atas nama nama pemerintah dan rakyat Jerman, serta memperkukuh upaya Jerman dalam memberikan bantuan dana maupun pengiriman tenaga ahlinya ke Sumbar.(Antara)

Tidak ada komentar: