Rabu, September 16, 2009

Liga Champions Grup D Chelsea Menang via Gol Anelka



Reuters
Berita Dunia,London - Nicolas Anelka jadi pahlawan dalam laga Chelsea melawan FC Porto, Rabu (16/9/2009) dinihari WIB. Gol tunggal Anelka memberi kemenangan 1-0 The Blues atas Porto.

Dalam laga yang dihelat di Stamford Bridge, Chelsea sebenarnya mampu mendominasi hampir sepanjang laga. Namun, ketiadaan Didier Drogba dan Jose Bosingwa membuat lini serang tim London Barat itu kurang mengigit. Penampilan gemilang kiper Porto, Helton, pun turut menambah frustrasi para pemain Chelsea.

Anelka pun hadir sebagai penyelamat tim dengan mencetak satu-satunya gol dalam laga itu, ketika babak kedua baru berjalan tiga menit.

Raihan tiga poin ini membawa pasukan Carlo Ancelotti untuk sementara memimpin Grup D dengan tiga poin, karena laga lain melawan Atletico Madrid kontra APOEL Nicosia berakhir imbang 0-0.

Jalannya pertandingan

Frank Lampard membuka peluang pertama bagi Chelsea pada menit ke-3. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih dapat ditepis oleh Helton. Dua menit berselang, Porto membalasya lewat Hulk dan Petr Cech dengan kakinya menangkis sepakan si penyerang lawan itu.

Pada menit ke-7 tandukan Lampard dari jarak enam yard meneruskan crossing Salomon Kalou, masih bisa ditangkis oleh Helton untuk menghasilkan sepak pojok bagi Chelsea.

Nicolas Anelka punya kesempatan pada menit ke-18. Tendangan kerasnya di dalam kotak penalti masih dapat diblok oleh salah seorang pemain Porto dan amanlah gawang Helton.

Sebuah crossing manis dari Branislav Ivanovic pada menit ke-27 ke dalam kotak penalti Porto, sayang para pemain Chelsea tak satu pun yang bisa memanfaatkannya jadi gol.

Porto mengancam pada menit ke-37 lewat tandukan Guarin yang masih melebar usai menerima crossing dari sayap kiri. Dua menit berselang sebuah tendangan dari Florent Malouda di luar kotak penalti pun masih tak menemui sasaran.

Di masa injury time, sebuah umpang lambung ke dalam kotak penalti menemui Raul Meireles. Sayangnya, meski tak terkawal tandukan Raul masih lemah dan mampu ditangkap dengan baik oleh Cech.

Chelsea akhirnya mampu mencetak gol pembuka di babak kedua ini. Adalah Anelka yang memecah kebuntuan timnya lewat gol pada menit ke-47.

Diawali umpan pendek dari Michael Essien, bola pun diterima oleh Anelka yang berlari melewati hadangan pemain lawan dan diakhiri dengan tendangan yang masih dapat ditepis oleh Helton. Namun, bola rebound kembali dimaksimakan Anelka untuk menjadi gol. 1-0 Chelsea memimpin.

Malouda hampir saja menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-53 andai tandukannya meneruskan umpan silang Ashley Cole tak menyamping di sisi gawang Helton.

Pada menit ke-57, Ivanovic mengirimkan crossing ke dalam kotak penalti yang disambut sundulan oleh Kalou dan Helton pun dengan baik menepisnya. Sepakan Guarin pada menit ke-74 masih bisa tertahan oleh kaki Cech.

Hulk pun punya peluang di menit ke-80 tapi tendangannya di dalam kotak penalti hanya menemui sisi kanan jaring gawang Cech. Semenit kemudian Porto kembali mengancam lewat sepakan voli Valera yang dapat ditepis oleh Cech.

Porto harus bermain dengan 10 orang setelah Fernandinho diusir wasit di menit ke-92 setelah melanggar Cole dan pertandingan pun berakhir untuk kemenangan 1-0 Chelsea.

Susunan pemain:


Chelsea: Cech, Ivanovic, Terry, Carvalho, Cole, Lampard, Malouda, Ballack, Essien, Kalou (Belletti 76'), Anelka.

Porto: Helton, Bruno Alves, Fucile, Rolando, Pereira, Fernando, Guarin, Raul Meireles, Gonzalez (Falcao 53'), Rodriguez (Valera 63'), Hulk. ( www.detik.com)

Tidak ada komentar: