Kamis, September 24, 2009

Raksasa Mobil Rusia Avtovaz Pangkas 27.600 Pekerja

Berita Dunia,Moskow- Raksasa mobil Rusia Avtovaz mengatakan, Kamis, akan memangkas hingga 27.600 pekerja karena penjualan merosot akibat dampak krisis ekonomi global.

"Hari ini, 102.000 orang bekerja di Avtovaz. Sebuah jumlah yang tidak dapat menjamin efektif dan menguntungkan produksi, oleh karenanya kami telah sepakat untuk mengurangi personil 27.600 orang," kata pembuat mobil dalam sebuah pernyataan seperti dilaporkan AFP.

Pemangkasan yang dimaksud mewakili hampir sepertiga tenaga kerja di perusahaan, yang merupakan 25 persen dimiliki oleh Renault Perancis.

Sebelumnya, para pembuat ikon mobil Lada dilaporkan akan mempertimbangkan pengurangan sebanyak 36.000 karyawan tetapi mengatakan telah dapat "signifikan lebih rendah pada angka awal" untuk PHK.

"Secara keseluruhan, tidak lebih dari 27.600 karyawan akan di-PHK," katanya, menambahkan bahwa angka ini termasuk pemotongan 5.000 pekerjaan kerah putih yang diumumkan minggu lalu.

Rusia memiliki pasar mobil dengan pertumbuhan tercepat di Eropa sampai tahun lalu tetapi kemudian terjun ke krisis oleh penurunan permintaan domestik.

Dengan jumlah besar stok tidak terjual, Avtovaz telah menghentikan produksi sebulan setelah krisis menghantam pangsa pasar yang sudah di bawah tekanan dari persaingan dari impor.

Raksasa mobil, didirikan dengan Fiat Italia pada era Soviet.   (www.antara.com)

Tidak ada komentar: