Kamis, September 24, 2009

Pidato Ahmadinejad Serang Israel, Delegasi AS dkk Walkout



Berita Dunia,New York - Delegasi 8 negara, termasuk delegasi AS dan Australia, walkout sebagai protes pada pidato Presiden Iran Ahmadinejad di sidang umum PBB.

"Ini mengecewakan Mr Ahmadijenad sekali lagi memilih untuk membangkitkan kebencian, menyerang dan anti-Semit," ujar Mark Kornblau, jubir delegasi AS di PBB seperti dilansir AFP, Kamis (24/9/2009).

Delegasi Argentina, Inggris, Costa Rica, Denmark, Prancis, Jerman, Hongaria, Italia dan New Zealand, juga meninggalkan ruang sidang ketika Ahmadinejad mulai mencaci maki Israel.

Delegasi Israel sebelumnya telah mengajak memboikot pidato Ahmadinejad dan memilih tidak hadir saat Ahmadinejad berpidato. Kanada sebelumnya menyatakan 'memperhatikan' seruan boikot itu.

Dalam pidatonya, Ahmadinejad menunjuk Israel tanpa menyebutkan nama negara itu, dia hanya menyebut "rezim zionist". Dia menuding Israel menerapkan kebijakan yang tidak berperikemanusiaan di Palestina.

"Bagaimana bisa kejahatan dari penjajah yang menyerang wanita dan anak-anak tak berdaya didukung tanpa syarat oleh sejumlah pemerintahan?" kecamnya.

"Dan pada waktu yang sama, pria dan wanita yang terjajah yang menjadi subjek genosida dan blokade ekonomi terberat, ditolak mendapatkan kebutuhan dasar mereka, makanan, air dan obat-obatan?" imbuhnya.

Terkait konspirasi Yahudi, Ahmadinejad menyatakan,"Sudah tidak bisa diterima lagi bahwa minoritas yang kecil mendominasi politik, ekonomi dan budaya kelompok mayoritas dengan jaringan rumitnya."

Dia juga menuduh Yahudi mencari-cari untuk "mendirikan bentuk baru perbudakan dan merugikan reputasi negara-negara lainnya, termasuk negara-negara Eropa dan AS, untuk mencapai ambisi rasisnya."

Seorang diplomat Prancis menyatakan pidato itu "tidak dapat diterima" dan menambahkan bahwa delegasi Eropa telah mengkoordinasikan langkah lebih lanjuit bila mereka menemukan ada bagian dari pidato itu yang tidak mengenakkan.(www.detik.com)

Tidak ada komentar: